Bertandang Ke Pasar Malam Shilin, Taipei

TAIWAN kini menjadi surga bagi para pelancong yang hendak berbelanja oleh-oleh. Seandainya Anda memiliki waktu yang terbatas untuk berbelanja di siang hari, beberapa pasar malam di Taiwan akan mengakomodasi kebutuhan Anda. Setidaknya ada 51 pasar malam yang hingga kini masih beroperasi dari pukul 16.00 hingga 02.00 dini hari waktu setempat. Puncak pengunjung adalah pada pukul 20.00 hingga 23.00 waktu setempat.

Sebut salah satunya adalah Shilin Night Market yang ada di Taipei, ini adalah pasar malam terbesar dan paling banyak dituju baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Pasar malam Shilin yang letaknya berdekatan dengan bekas dermaga Sungai Keelung ini resmi didirikan pada tahun 1909. Dengan adanya kebutuhan belanja yang semakin meningkat, para pedagang, penjual makanan dan juga bisnis-bisnis musiman semakin menjamur.

Tidak heran jika kemudian pemerintah setempat mempersiapkan area ini dengan sangat terencana. Pada tahun 2002 Pemerintah Kota Taipei menghancurkannya atas alasan sanitasi, keamanan dan antisipasi kebakaran. Selain mengakomodasi kepentingan sebanyak 539 penjual, kepentingan para pengunjung yang mengendarai kendaraan pribadipun dipersiapkan lahan parkir. Tidak tanggung-tanggung, di lantai kedua Pasar Malam Shilin, tersedia lahan parkir yang bisa memuat 400 buah mobil.

Apa sajakah yang dijual di Shilin? Apa yang Anda butuhkan ada di sana. Pasar ini menyediakan makanan dalam kemasan apik yang cocok untuk oleh-oleh, produk fesyen termasuk baju, tas, alas kaki, asesoris, cindera mata hingga alat elektronik.

Jangan ragu untuk menawar, sebab harga yang biasanya terpampang bukanlah harga pasti. Nah umumnya, para pedagang di Taiwan berbahasa Mandarin, namun tidak masalah sebab Anda cukup membawa kalkulator atau alat tulis untuk menawar. Harga yang mereka tawarkan tidak terlalu tinggi sehingga Anda tidak perlu untuk menawar habis-habisan hingga mendapatkan harga terendah, namun Anda akan puas dengan mendapatkan harga yang sepantasnya. Misalnya, jika para pedagang  menawarkan 300 NT, Anda bisa menawar hingga 200-250 NT.

Sesuai dengan musim, pasar-pasar malam di Taiwan seringkali melakukan obral produk fesyen yang diprediksi tidak akan digemari pada musim yang sama tahun berikutnya. Langkah yang mereka lakukan adalah banting harga.

Para pedagang pun berdandan ala manekin hidup, mereka mengenakan baju mengikuti tren, mengenakan boots, bermake up lengkap dan juga mendandani tokonya dengan cara yang sangat menarik. Demikian juga dengan pedagang yang laki-laki, mereka tetap tampil bersih dan bergaya. Hampir tidak terlihat pedagang tampil selebor dan berekspresi jutek, mereka pada umumnya ramah.

Pasar malam di Taipei dan di daerah lain tentu saja berbeda dari sisi tren. Saat Anda ke pasar malam yang ada di Taiwan bagian selatan seperti Taichung, tren yang berkembang sedikit berbeda dan agak terlambat. Memang Taipei akan lebih lepat kedatangan tren baru dan baru daerah lain akan menyesuaikan. Mengenai harga di berbagai tempat tidak kalah jauh, hampir sama.

Sibuk berbelanja dan perut terasa lapar mendadak? Tidak perlu khawatir,  Anda bisa menjajal menu unik yang juga dijual di pasar malam. Jajanan siap saji ini biasanya disebut juga dengan street food, alias makanan pinggir jalan.

Anda akan menemukan beragam makanan yang dijual di kios portabel yang dihias dengan cara sangat menarik baik dari sisi hiasan atau juga lampunya. Harga pun masih masuk akal, setara dengan jajalan pinggir jalan di Jakarta dan Anda akan mendapatkan mi, aneka makanan yang digoreng atau juga makanan kecil yang siap disantap seharga 60NT hingga 100NT.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s